Selasa, 01 Juni 2010

wisata di paser

KECAMATAN PASER BELENGKONG

Kecamatan yang terkenal dengan kota sejarah ini terletak sekitar 5 km dari kecamatan Tanah Grogot. Lokasi ini dapat dijangkau dengan jalan darat ataumelalui transportasi air melewati alur sungai Kandilo. Di Kecamatan PaserBelengkong terdapat beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi,diantaranya:

MUSEUM  SADURENGAS ?


Museum Sadurangas merupakan eks istana kesultanan Paser. Bangunan ini berbentuk rumah panggung dengan ciri khas ukiran-ukiran yang bermotif sulur-suluran dan kaligrafi huruf arab. Berbagai koleksi benda-benda kuno dapat kita lihat ditempat ini, diantaranya: Al-Qur?an tua bertulis tangan;Tempayang guci kuno peninggalan dinasti yuan, Alat-alat rumah tangga, alat-alat kesenian dan pakaian sultan paser. Di dalam museum ini terdapat pula kerangka ikan paus bongkok dengan panjang sekitar 15 meter yang ditemukan warga Desa Selengot. Disamping museum terdapat sebuah masjid tua bernama Nurul ibadah. Kedua bangunanpeninggalan sejarah termasuk benda cagar budaya. Museum Sadurengas


KOMPLEKS MAKAM RAJA-RAJA PASER

Kompleks Makam Raja-Raja Paser terletak Sekitar 1 Km sebelah selatan Museum Sadurengas. Di dalam kompleks ini dapat ditemukan makam raja-raja dari Kerajaan Sadurengas. Disekitar kompleks pemakaman terdapat sebuah batu yang oleh masyarakat setempat disebut ?Batu Kilan?. Batu ini sering dijadikan media oleh para pengunjung untuk mengetahui nasibnya. Konon, apabila sebatang lidi dengan ukuran sekilan yang ditancapkan diatas batu ini mengalami penambahan panjang maka apa yang diniatkan orang tersebut akan terkabul tetapi apabila lidi itu berubah menjadi lebih pendek dari ukuran semula maka apa yang diniatkan orang itu tidak akan terkabul. Komplek Makam Raja

BATU INDRA GIRI DAN MERIAM PORTUGIS


Tidak jauh dari Museum Sadurangas, dapat ditemukan Batu Indra Giri dan beberapa Meriam Portugis. Batu Indra Giri adalah batu yang dibawa oleh tim ekspedisi penyebaran agama Islam dari Kerajaan Demak bernama Abu Mansyur Indra Jaya. Disekitar Batu Indra Giri dapat pula ditemukan Meriam Portugis yang merupakan sebagian peninggalan Raja-Raja pada zaman dahulu.




AIR TERJUN DOYAM TURU

Air terjun Doyam Turu terletak di Desa Lempesu sekitar 27 km dari ibukota Tanah Grogot. Lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Berbagai fasilitas penunjang yang dapat enambah kenyamanan pengunjung terdapat dilokasi ini, seperti Tempat Parkir yang luas, MCK, kantin dan beberapa tempat peristirahatan. Tidak jauh dari air terjun Doyam Turu juga terdapat Goa dengan bentuk serambi yang cukup luas bernama? Batulis ?. Goa ini dihuni ribuan kelelawar.




KECAMATAN BATU ENGAU

TAMAN HUTAN RAKYAT (TAHURA) LATI PETANGIS

Tahura Lati Petangis saat ini dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Paser
sebagai daerah tujuan wisata andalan. Areal obyek wisata yang merupakan eks
pertambangan batubara ini terletak sekitar 3 km dari ruas jalan Tanah Grogot -
Kerang Dayu lintasan Trans Kaltim Kalsel wilayah selatan. Jarak dari Tanah
Grogot sekitar 30 km dengan waktu tempuh diperkirakan sekitar 1,5 jam. Di obyek
wisata ini telah dilengkapi dengan sarana pendukung seperti kolam pemancingan,
sepeda air, tempat beristirahat, pelataran pemancingan, tempat bermain anak-anak,
panggung pertunjukan and kawasan parkir.

KECAMATAN KUARO

AIR TERJUN DOYAM SERIAM


Air Terjun Doyam Seriam ini merupakan salah obyek wisata yang paling indah di Kabupaten Paser. Obyek wisata ini terletak di Desa Modang tepatnya kurang lebih 20 Km dari ibukota Kecamatan Kuaro. Lokasi air terjun Doyam Seriam berada disuatu ketinggian dikawasan Gunung Bule yang berbatasan langsung dengan
pedalaman Desa Rantau Buta Kecamatan Batu Sopang. Selain Panorama Air Terjun,para pengunjung juga dapat menikmati keindahan bunga anggrek yang dapat dijumpai disepanjang jalan dan disekitar lokasi air terjun.

PONDONG

Lokasi obyek wisata Pondong terletak sekitar 15 Km dari Tanah Grogot. Dilokasi ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan panorama laut dan erkampungan nelayan. Kawasan ini akan ikembangkan menjadi kawasan wisata kuliner. Beberapa fasilitas yang sementara dibangun dilokasi ini antara lain Restoran Terapung, penginapan terapung yang dilengkapi dengan tempat pertemuan. Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama laut dapat menyewa perahu yang disediakan asyarakat setempat.

PANTAI PASER MAYANG

Paser Mayang terletak 45 Km dari Tanah Grogot. Lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan darat roda empat dan dua atau dengan kendaraan laut melalui pelabuhan Pondong dengan waktu tempuh selama 15 Menit. Dilokasi ini dapat dijumpai hamparan Paser putih.

KECAMATAN BATU SOPANG

GOA TENGKORAK DAN GOA LOYANG

Obyek wisata GOA TENGKORAK ini terletak sekitar 4 km dari Jalan Trans Balikpapan ? Banjarmasin, tepatnya di Desa Kasungai. Di dalam Goa terdapat lebih kurang 30 Tengkorak Manusia. Konon goa itu merupakan tempat mengubur orang-orang penganut kepercayaan Animisme sebelum masuknya pengaruh agama Hindu dan Islam di Kerajaan Paser. Tidak jauh dari Goa Tengkorak, dapat ditemukan Goa Loyang yang didalamnya terdapat bentuk-bentuk stalagnit dan stalagmit yang indah yang terbentuk secara alamiah.



KECAMATAN MUARA KOMAN

Kecamatan Muara Komam terletak didaerah perbatasan antara Kalimantan Timur dengan Kalimantan Selatan. Kecamatan ini berjarak sekitar 80 km dari ibukota kabupaten, Tanah Grogot. Salah obyek wisata yang biasa dikunjungi wisatawan mancanegara adalah:

GOA MANGKULANGIT

Goa Mangkulangit terletak di hulu anak sungai kandilo tepatnya di Desa Muara Kuaro yang berjarak sekitar 15 Km dari Muara Komam. Goa ini terlihat sangat unik karena letaknya tepat berada dibawah tebing batu terjal yang didalamnya dilewati aliran sungai. Lokasi goa dapat ditempuh dengan menggunakan sampan/perahu dengan jarak tempuh kira-kira lebih kurang 45 Menit dari Muara Komam atau sekitar 10 menit dari Desa Muara Kuaro.



LIANG ATAU GOA ? LOSAN ?

Goa Losan ini terletak ditepi jalan raya Tanah Grogot ? Banjarmasin atau
berjarak ? 80 km dari ibukota Tanah Grogot.Tangga naik menuju Liang LosanPintu masuk Liang

KECAMATAN LONG IKIS

AIR TERJUN ?SUNGE PAYAU?

Air Terjun Sunge Payau terletak di desa Lombok kurang lebih 53 Km dari Tanah Grogot atau 85 km dari Kabupaten Penajam Paser Utara, tepatnya disekitar Eks Camp PT. Telaga Mas. Di lokasi ini terdapat pula jenis anggrek hitam yang merupakan tanaman angrek khas Kalimantan Timur.



KECAMATAN LONGKALI

TELAGA AIR PANAS

Lokasi Wisata ini terletak di Kelurahan Long Kali dengan jarak tempuh kurang lebih 3 km dari tepi jalan raya Tanah Grogot ? Penajam atau ? 88 km dari ibukota Tanah Grogot. Telaga Air Panas ini keluar dari bawah bebatuan, dimana disekitarnya terdapat batu kapur dan batu gunung. Setiap harinya banyak pengunjung datang ketempat ini karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit / gatal.Telaga Air Panas


KECAMATAN TANJUNG HARAPAN

Desa Tanjung Aru merupakan Ibukota Kecamatan Tanjung Harapan. Desa ini mempunyai ciri khas dengan suasana Perkampungan Nelayan Tradisional. Obyek Wisata yang dapat dijumpai ditempat ini adalah wisata pantai yang cukup panjang dan landai, terletak di Desa Tanjung Aru. Keindahan yang dapat dinikmati di lokasi ini adalah hamparan Paser putih dengan riak gelombang yang tidak terlalu besar dengan dilatar belakangi pohon mangrove dan pohon lainnya.





HUTAN LINDUNG GUNUNG LUMUT

Kawasan Hutan Lindung Gunung Lumut mencakup sebagian wilayah empat kecamatan, yaitu: Kecamatan Batu Sopang, Muara Komam, Long Ikis dan Long Kali dengan luas areal sekitar 35.350 Ha. Lokasi ini sangat cocok untuk wisata minat khusus terutama untuk wisata penelitian karena selain hutannya yang masih asli, ditempat ini juga dapat ditemukan berbagai macam fauna seperti primate, burung, mamalia dan beberapa obyek wisata menarik seperti air terjun/riam, puncak gunung lumut dan goa/liang. Ditempat ini juga dapat ditemukan pemukiman masyarakat tradisional Suku Mului. Jarak Tanah Grogot ke Mului sekitar 123 km dengan waktu tempuh kira-kira 5 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar